Ini Alasan Sofjan Wanandi Protes Banyaknya Cuti Bersama di Indonesia

Jakarta - Pihak pengusaha melalui Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengeluhkan banyaknya jadwal cuti bersama di Indonesia selama 1 tahun. Kenapa?

Menurut Sofjan yang juga merupakan pengusaha senior ini, jadwal cuti bersama ini mengganggu produktivitas dunia usaha.


"Kalau cuti bersama terus, bagaimana kita bersaing? Buruh kita juga nggak produktif," ucap Sofjan kepada detikFinance, Sabtu (12/10/2013).


Di samping itu, program cuti bersama ini menambah beban bagi para pengusaha. Karena pengusaha harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar upah lembur pegawai yang tetap kerja saat cuti bersama berlangsung.


"Kita harus suplai (dana) terus, karena kita punya pesanan tapi karena libur, ongkos kita naik, karena harus bayar uang lembur," sebutnya.


Sofjan mengatakan, banyaknya cuti bersama di Indonesia berawal saat kondisi pariwisata di Bali lesu pasca Bom Bali. Untuk meningkatkan kunjungan, Jusuf Kalla yang waktu menjabat Wakil Presiden membuat program cuti bersama.


"Itu karena bom Bali. Itu dibikinlah cuti bersama karena Bali pariwisatanya sepi. Sekarang kan keenakan. Cuti Bersama PNS kita keenakan. Itu nggak punya pekerja," jelasnya.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!