Adhi Karya Buka Bisnis Hotel di Medan, Bekasi, dan Blok M

Jakarta -Tahun depan, PT Adhi Karya Tbk akan meresmikan 2 dari 3 hotel yang telah dibangun tahun ini. Hotel yang diberi nama Grandika itu nantinya akan dikelola sendiri BUMN konstruksi ini.

"Kita akan arsiteki sendiri dan kelola sendiri melalui divisi perhotelan 3 hotel Grandika yang kita bangun di Medan, Bekasi, dan Blok M (Jakarta Selatan)," tegas Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan di Kantor Pusat Adhi Karya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2013).


BUMN ini mempunyai anggaran resmi untuk pengembangan bisnis properti di tahun 2014. Setidaknya Rp 400 miliar lebih bakal dikucurkan untuk membangun banyak proyek properti termasuk penyelesaian 3 hotel ini. Kiswo optimistis, 2 dari 3 hotel akan segera diresmikan Desember 2014.


"Izin pembangunan Blok M sudah ada dan kita sudah konstruksi, sedangkan untuk tahap launching kita harapkan di Desember 2014. Medan konstruksi sudah dan sama Desember kami akan buka. Bekasi itu karena nanti di bawah kita jadikan mal 3 lantai, tetapi tidak bisa tahun depan selesainya. Ini semuanya tanahnya Adhi sendiri," imbuhnya.


Jadwal pembangunan dan peresmian diakui Kiswo molor dari perencanaan awal. Sulitnya mendapatkan izin membuat proyek pembangunan 3 hotel ini sempat mandek dan jalan di tempat.


"Konsennya memang ada di izin. Hotel mau selesai tahun ini tetapi perizinan sulit. Perizinan baru selesai tahun ini seperti Medan, Bekasi, dan Blok M," katanya.


Kiswo tahu benar, bisnis perhotelan adalah bisnis yang menguntungkan. Pasar yang besar di Indonesia, membuat Adhi Karya optimistis pendapatan perusahaan bakal meningkat di tahun mendatang.


"Kebutuhan marketnya tinggi. Dari bisnis hotel itu budget sangat tinggi. Jadi bisnis hotel ini gila benar," sahutnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!