Apa Alasan Orang RI Simpan Dolar di Singapura Hingga Rp 1.500 Triliun?

Jakarta -Beberapa waktu lalu Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin pernah mengatakan, dolar milik orang Indonesia yang disimpan di Singapura mencapai Rp 1.500 triliun. Apa alasan orang-orang ini simpan dolar di Singapura?

Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs mengatakan, banyak faktor yang membuat orang Indonesia pilih simpang uang di luar negeri, khususnya Singapura.


"Itu banyak faktor, ada hubungannya dengan pajak, ada hubungannya dengan kemudahan, ada hubungannya dengan kreditur. Banyak faktor sebenarnya. Kalau orang-orang yang nggak banyak berhubungan dengan itu ya mending di sini saja," kata Peter di kantor BI, Jalan Thamrin, Jakarta, Jumat (29/11/2013).


Peter mengatakan, banyak perusahaan Indonesia yang menyimpan uangnya di Singapura, tapi BI tidak mengetahui berapa dana yang disimpan mereka.


Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Statistik BI Hendi Sulistiowaty mengatakan, BI hanya mengetahui perusahaan-perusahaan yang menyimpan uangnya di luar negeri, tapi tidak mengetahui nominalnya.


"Kita punya data itu korporasi yang melaporkan kepada kita berapa uang dia yang disimpan di luar, itu yang kita punya datanya. Jadi kalau di Singapura apalagi perorangan dia bukan pelapor kita," ujar Hendi.


(dnl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!