Sentuh Rp 12.000, Dolar Milik Masyarakat Ramai-ramai Ditukarkan

Jakarta -Dolar Amerika Serikat (AS) sudah menembus angka Rp 12.000. Hal ini membuat orang ramai-ramai mendatangi tempat penukaran uang (money changer).

Pantauan detikFinance, Jumat (29/11/2013) di money changer Ayu Masagung, Jalan Kwitang, Jakarta Pusat, dari pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB puluhan orang sudah hadir untuk bertransaksi.


Terlihat empat orang teller cukup sibuk melayani para nasabah tanpa henti. Kondisi ini telah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama saat pergerakan rupiah mulai menunjukan pelemahan.


"Kalau sekarang lagi ramai. Seperti ini lah, nggak berhenti-henti dari buka tadi," ungkap Nanda, salah seorang teller.


Money changer menjual dolarnya di harga Rp 12.030 dan membeli dolar dari nasabah Rp 11.980. Ia mengatakan, dari seminggu terakhir, nasabah yang datang terus meningkat.


"Sudah ada puluhan yang datang. Terus memang ada peningkatan dari seminggu sebelumnya," jelasnya.


Aktivitas antara teller dan nasabah nampak cukup tinggi. Satu orang nasabah dilayani hanya sekitar 5 menit. Nasabah yang datang cukup beragam, mulai dari karyawan swasta hingga ibu rumah tangga. Nanda mengatakan kebanyakan yang datang untuk menjual dolar.


"Kebanyakan yang jual ya karena, memanfaatkan nilai dolar yang cukup tinggi. Makanya kita melayaninya harus cepat," ujarnya.


Money Changer akan dibuka sampai pukul 20.00 WIB. Diperkirakan, nasabah yang datang akan terus meningkat hingga mencapai ratusan orang.


"Sampai malam pasti akan terus meningkat. Ini sudah mau hampir seratus yang datang, pasti nanti bakal lebih," pungkasnya.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!