Gita Wirjawan Pantau Harga Sembako di Bali

Jakarta -Pagi ini Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berkunjung ke Pasar Badung, Denpasar, Bali guna memantau harga bahan kebutuhan pokok. Kunjungan kali ini dilakukan sekaligus untuk memantau secara langsung perkembangan harga di pasar tersebut, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2014.

"Pemerintah akan terus berusaha menjaga agar stabilitas harga bahan pokok dapat terus terkontrol," ungkap Gita saat memberikan pesan tertulis, Sabtu (30/11/2013).


Dipilihnya Pasar Badung karena pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar di Denpasar yang terletak sekitar satu kilometer dari pusat Kota Denpasar, tepatnya terletak di kawasan pertokoan Jalan Sulawesi No. 1, Kecamatan Denpasar Barat. Pasar Badung menjual berbagai macam kebutuhan seperti buah, sayur, kebutuhan pokok, piranti rumah tangga, peralatan upacara, perlengkapan sekolah, perlengkapan pesta, hingga barang-barang kesenian, dan sebagainya seperti halnya pasar pada umumnya.


Pasar Badung juga adalah tempat yang murah untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan yang diperlukan. Kelebihannya, selain karena bebas menawar, Pasar Badung juga merupakan tempat berkumpulnya para pedagang besar, sehingga konsumen bisa mendapatkan harga langsung dari tangan pertama yang lebih murah.


Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Badung, harga bahan kebutuhan pokok untuk komoditas beras adalah Rp 8.200/kg, gula pasir Rp 11.500/kg, minyak goreng curah Rp 12.000/liter, tepung terigu Rp 8.500/kg, dan kedelai (Rp 10.000/kg).


Selain itu, harga daging sapi dijual dengan harga Rp 78.000/kg, daging ayam broiler Rp 30.000/kg, telur ayam ras Rp 16.000/kg, cabai

merah besar Rp 18.000/kg, cabai rawit merah Rp 16.000/kg, bawang merah Rp 30.000/kg dan bawang putih Rp 11.000/kg. Harga-harga tidak mengalami perubahan harga selama dua hari terakhir.


"Pemerintah akan terus melakukan pemantauan harga secara intensif dan melakukan langkah koordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kenaikan harga," imbuhnya.Next


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!