Setelah Tanah Abang, Dirjen Pajak Menyamar dan Blusukan di Surabaya

Surabaya -Pekan lalu, Dirjen Pajak Fuad Rahmany menyamar jadi pengunjung dan blusukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Hari ini, Fuad melakukan hal yang sama di Pasar Atum, Surabaya.

Kegiatan Fuad ini berkaitan dengan penerapan pajak 1% terhadap pengusaha dengan omzet maksimal Rp 4,8 miliar/tahun, atau yang dikenal dengan pajak UKM.


Fuad melakukan penyamaran menjadi pembeli agar tidak diketahui wajib pajak. Mengenakan polo shirt putih, Fuad bersama beberapa pejabat Kanwil Ditjen Pajak Jatim menyusuri lorong Pasar Atum, Sabtu (30/11/2013).


Fuad mengaku, jumlah pelaku usaha di Pasar Atum jauh lebih banyak dibandingkan Pasar Tanah Abang. "Di sini ada 1.500 toko, 400 di antaranya sudah membayar (pajak UKM). Lebih besar dibandingkan Tanah Abang yang mempunyai 15 ribu kios, tapi hanya 200 bayar pajak," imbuhnya.


Meski di Pasar Atum lebih banyak yang bayar pajak, Fuad mengungkapkan, hasilnya masih jauh karena keterbatasan fasilitas, di antaranya sumber daya manusia (SDM) dan alat. "Bayangkan saja, dengan 1.500 toko di sini hanya satu petugas yang melakukannya. Sedangkan di Pasar Tanah Abang dengan puluhan ribu hanya dua orang yang jalan," ungkap dia.


Fuad juga menyempatkan mampir ke pojok pajak di Pasar Atum. Di sini, Fuad kembali mengetes karyawan pajak yang berjaga. Hasilnya, pria berkacamata ini mengaku kecewa dengan sistem yang ada, karena merasa wajib pajak sama sekali tidak mendapat kemudahan yang akan berdampak dengan menurunnya minat wajib pajak untuk melakukan kewajibannya.


"Pastikan ditanya sudah punya NPWP (nomor pokok wajib pajak) atau belum. Kalau belum lalu petugas bilang harus mengurus dulu ke kantor pajak terdekat, pasti males sekali wajib pajak. Harusnya kan bisa online di sini dan langsung bisa buat sehingga transaksi bisa tetap berjalan. Kita dapat kewajiban dia, pedagang bisa tetap melakukan aktivitas," kata Fuad.Next


(ze/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!