Gubernur BI Bergaji Rp 170 Juta, Bos BUMN Ternyata Rp 250 Juta

Jakarta -Panitia Kerja Anggaran Tahunan Bank Indonesia (Panja ATBI) DPR memastikan gaji Gubernur BI tidak akan naik di tahun 2014. Selain karena sudah cukup tinggi, kenaikan gaji tidak disetujui DPR akibat tingkat inflasi yang tak sesuai APBNP 2013.

Di angka Rp 170 juta per bulan, gaji Gubernur BI sudah cukup tinggi. Bagaimana dengan gaji pejabat atau direksi Bank BUMN?


"Bayangkan saja BUMN itu gap gaji direksi dan pegawai dasar jauh dengan yang di BI. BI saja hanya 55 kali tapi itu BUMN sebut saja Bank Mandiri 97 kali dan BNI 80 kali," kata Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis dalam penjelasannya seperti dikutip detikFinance, Jumat (29/11/2013).


Dikatakan Harry gaji direksi BUMN bisa mencapai Rp 250 juta lebih. Sedangkan pegawai dasarnya hanya Rp 2 juta.


"Dilihat saja sekitar Rp 250 juta dan untuk pegawai dasar itu Rp 2 juta. Itu bank-bank BUMN," katanya.


Menurut Harry, standar gaji yang di BI memang masih di bawah pasar. Padahal BI selaku otoritas moneter yang mengawasi bank-bank BUMN juga pekerjaannya lebih berat.


"Tapi itu BUMN kan sudah keputusan RUPS pemegang saham. Namun perlu dikaji," tambahnya.


Pada kesempatan yang sama Anggota Komisi XI Arif Budimanta menyayangkan hal tersebut. "Gaji direksi BUMN terutama bank BUMN besar. Tapi bunga masih tinggi sangat disayangkan," tutup Arif.


(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!