Salah Pilih Bos BUMN, Dahlan Akhirnya Tunjuk Wanita Berumur 28 Tahun

Jakarta -Alasan Menteri BUMN Dahlan Iskan menunjuk Laily Prihatiningtyas sebagai calon direktur utama BUMN adalah karena kepintaran wanita berumur 28 tahun ini. Selain itu, kesalahan memilih bos BUMN sebelumnya ternyata jadi alasan.

Seperti diketahui, Laily ditunjuk jadi calon Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero). Sebelumnya, Dirut BUMN ini adalah Ricky Siahaan. Dahlan mengatakan salah memilih Ricky sebagai Dirut BUMN tersebut.


Ricky akhirnya diberhentikan jadi Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), padahal baru menjabat selama seminggu. Pengangkatan Ricky dibatalkan karena dinilai tidak memiliki rekam jejak (track record) yang baik saat menjadi direktur di salah satu BUMN.


"Satu Minggu kemudian Pak Dahlan baru ngeh (sadar). Akhirnya pilih Mbak Tyas (Laily Prihatiningtyas)," ucap Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance kamis (28/11/2013).


Laily telah mengikuti proses penilaian (assessment) dan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebelum diangkat jadi Dirut. Laily nantinya bakal menjadi dirut termuda di korporasi pelat merah. Tyas dinilai pintar dan berpotensi di lingkungan Kementerian BUMN.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!