Importir: Kami Tak Impor Apel yang Bermasalah di AS

Jakarta -Importir buah menegaskan tak mengimpor buah apel segar jenis Granny Smith dan Gala dari Amerika Serikat (AS) khususnya dari California. Dua jenis apel asal California ini dipakai oleh perusahaan pembuat produk olahan apel berkaramel, yang mimicu kasus infeksi bakteri terhadap puluhan orang di AS.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (ASEIBSSINDO) Kafi Kurnia mengatakan para importir buah dalam negeri selama ini memang tak mengimpor dua jenis apel ini dari California AS, namun dari Washington atau negara-negara lain seperti Afrika Selatan hingga Prancis.


"Yang bermasalah itu apel Granny dan Gala dari Bidart Bros dari California, kalau di lapangan ditemukan ada dua jenis apel ini, itu pasti bukan dari Bidart Bros, tapi dari daerah lain atau negara lain," tegas Kafi kepada detikFinance, Rabu (28/1/2015).


Kafi juga menegaskan dalam kasus infeksi dari bakteri Listeria monocytogenes yang memakan korban 32 orang di AS bukan berasal apel segar.


"Yang bermasalah itu buka dari apel segar, tapi dari produk olahan apel berkaramel, biasanya dibutuhkan oleh pabrik roti untuk bahan baku apple pie," jelasnya.


Ia menegaskan para anggotanya memang tak pernah mengimpor dua jenis apel tersebut dari California AS. Kafi beralasan, biasanya para importir sudah punya tradisi atau pelanggan khusus dari perusahaan pemasok apel di AS.


"Kalau memang ada, pasti bukan dari California, kebiasan kita tak mengimpor dari sana, itu tradisi saja. Kalau pun dari AS macam-macam, pedagang biasanya jual dari Washington," katanya.Next


(hen/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com