Aturan LCGC Terbit, Hatta: Pembeli Motor Bisa Beli Mobil

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai aturan mengenai Low Cost Green Car (LCGC) sangat memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat.

Masyarakat dapat menikmati kendaraan yang hemat bahan bakar serta memiliki alternatif untuk menghemat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)


"LGCG karena mengkonsumsi bahan bakar yang rendah apalagi mobil listrik tidak menggunakan BBM sama sekali, jadi kita mendapatkan benefit dari itu. Kendaraan yang betul-betul low cost, yang konsumsi murah dan harganya relatif murah," ujar Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (5/6/2013).


Menurut Hatta masyarakat dapat lebih aman dengan berkendaraan mobil dibandingkan harus menggunakan motor. Sehingga masalah kemacetan yang diakibatkan semakin bertambahnya penggunaan mobil dengan LGCG ini bisa dikesampingkan.


"Soal kemacetan, sepanjang konsumsi BBM rendah dan masyarakat kita dari pembeli motor bisa membeli mobil kan lebih bagus, lebih safety, aman, nyaman," jelasnya.


Ia berharap perbaikan transportasi umum dapat dilakukan sehingga dengan sendirinya dapat mengurangi penggunaan mobil pribadi ke depannya.


"Saya sungguh berharap bahwa Indonesia tidak seperti ini transportasinya tapi akan semakin baik ke depan, dan semakin baik transportasi umum maka akan semakin malas naik mobil pribadi akan naik mobil umum. Seperti nanti akan ada MRT, circle line, commuter, monorail, tidak hanya di Jakarta tapi di kota-kota besar. Jadi jangan dibayangkan Indonesia statis tidak bergerak, nanti kita akan bergerak, Anda nanti tahun 2017-2018 bisa naik MRT," tandasnya.


(nia/hen)