Kapan Produksi Minyak RI Bisa 1 Juta Barel/Hari? Ini Jawaban Bos SSK Migas

Jakarta - Produksi minyak Indonesia saat ini masih di bawah target APBN atau hanya 840.000 barel per hari. Lalu kapan produksi minyak Indonesia bisa mencapai 1 juta barel per hari?

"Produksi minyak Indonesia bisa 1 juta barel setiap harinya dan terus-terusan baru pada 2015 dan tahun-tahun berikutnya," ujar Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2013).


Karena akan ada tambahan produksi minyak pada 2015 dari Mobil Cepu Ltd sebesar 165.000 barel per hari. Sampai berapa tahun produksi minyak Indonesia dari 2015 bisa 1 juta barel terus?


"Tergantung nanti apakah benar tahun eksplorasi dan tahun pengeboran yang saat ini dicanangkan itu kemudian diikuti betul-betul, diikuti para KKKS," ujar Rudi.


"Tergantung KKKS-nya nggak pada kabut, itu kekhawatiran kita, saat ini 6 investor di timur Indonesia pada kabur. Ada yang produksi Hess Corp sama Anadarko kabur, kan itu kekhawatiran," ucapnya.


"Bahkan Presiden Chevron minta diganti nggak tahan. Ini serius, si Pak Jeff (Jeff Shellebarger) dia mau cabut sudah minta izin SMS ke saya," katanya.


(rrd/dnl)