Menteri Bappenas Janjikan 10 Tahun ke Depan Jabar Punya Proyek-proyek Besar

Bandung - Meski berada berdekatan dengan Jakarta, infrastruktur di Jawa Barat masih dinilai kurang. Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana menjanjikan beberapa proyek infrastruktur di Jawa Barat akan selesai 5-10 tahun ke depan.

Armida mengatakan hal tersebut di depan para pengusaha, asosiasi yang tergabung di dalam Forum Ekonomi Jawa Barat di acara Seminar Forum Ekonomi Jabar di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2013).


"Bagaimana infrastruktur di satu sisi, meskipun Jabar dekat Jakarta sudah banyak dibangun infrastruktur, tapi masih kurang. Saya ingin mengatakan dalam beberapa tahun ke depan ada penyelesaian beberapa proyek infrastruktur," kata Armida.


Armida mengatakan, beberapa proyek tersebut di anataranya ialah penyelesaian waduk Jatigede, pelabuhan Kertajati, pelabuhan Cilamaya, beberapa ruas tol, dan proyek infrastruktur lainnya. Yang mana, dikatakan Armida dalam beberapa tahun ke depan, proyek-proyek tersebut sudah beroperasi.


"Itu bayangkan yang besar-besar. Sehingga 5 sampai 10 tahun lagi itulah Jabar," katanya.


"Ditambah, KEK Tanjung Lesung, dan ada yang harus diselesaikan KSS Selat Sunda. Bayangkan itu kalau jadi 10-15 tahun, Sumatera ke Banten tidak usah langsung ke utara lagi, langsung aja ke selatan," imbuhnya.


Armida menambahkan, semua pemangku kepentingan harus berkontribusi demi lancarnya pembangunan proyek tersebut. Di satu sisi, Armida menjanjikan proyek tersebut akan lancar jika semua ikut berpartisipasi.


"Ini harus disambut oleh provinsinya, swstanya, masyrakatnya. Itu harus disambut. Ini yang kita harapkan dari FEJ (Forum Ekonomi Jabar) ya sambutan itu. Ini segera ya, tentu pak gubernur akan memasuki periode kedua. Mudah-mudahan beliau juga akan mempercepat pembangunan Jawa Barat," katanya.


(zul/ang)