Dahlan Sumringah Bulog Dapat Izin Impor Daging Sapi

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan izin kepada Perum Bulog untuk segera melakukan impor daging sapi. Volume impor yang diizinkan hingga 5.000 ton sebagai importir sementara terkait penugasan stabilitasi harga daging.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku senang dan kaget mendengar turunnya izin dari Kemendag.


"Alhamdullilah saya baru tahu," ucap Dahlan usai acara penganugerahan BUMN Best PR Officer dan BUMN Best PR Program di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (5/6/2013).


Menurut Dahlan, izin yang seharusnya turun sebelum bulan Juni 2013 ini terbilang cukup terlambat. Meskipun telat, hal ini bisa membawa angin segar terhadap stabilisasi harga daging sapi di dalam negeri.


"Karena sudah telat, pada bulan puasa seharusnya sudah tiba. Apa bisa? Tapi lebih telat daripada tidak," tegasnya.


Kemendag telah mengeluarkan izin agar Bulog segera melakukan impor daging sapi, yang volumenya diperkirakan mencapai 5.000 ton. Namun izin tersebut bukan dalam bentuk Importir Terdaftar (IT) seperti ketentuan pada umumnya.


"Tidak perlu pakai IT cukup melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag). Permendag-nya sudah keluar yaitu Permendag No. 22/2013 sebagai pengganti Permendag No. 24/2011 tentang ketentuan impor dan ekspor hewan dan produk hewan. Kemarin kita sudah keluarkan. Bulog tinggal mempersiapkan untuk impor saja," ujar Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi saat ditemui di Pasar Sinpansa, Summarecon, Tangerang, Banten, Rabu (05/06/2013).


(feb/hen)