Harga Jengkol Naik, Petai Juga Ikutan Mahal

Jakarta - Selain dipusingkan dengan tingginya harga jengkol, masyarakat pun harus mengeluarkan kocek lebih banyak untuk membeli petai. Sayuran yang memiliki bau khas ini melonjak 3 kali lipat dalam beberapa minggu terakhir.

"Petai ikut terdorong naik. Naik 3 kali lipat dalam 3 minggu terakhir," ungkap Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia Ngadiran saat dihubungi detikFinance, Kamis (6/6/2013).


Menurutnya sama dengan jengkol, harga petai pun mengalami kenaikan 3 kali lipat. Harga petai saat ini Rp 15.000/papan jauh lebih tinggi dari harga normalnya yang hanya Rp 3.000-5.000/papan.


Namun Ngadiran memastikan, tingginya harga petai lebih disebabkan karena belum masuknya musim panen dan banyaknya organisme penyakit tanaman yang menyerang tanaman petai. Sehingga pasokan ke Jabodetabek mengalami gangguan.


"Karena banyak penyakit tanaman yang menyerang petai sehingga pasokan langka. Namun secara detil juga disebabkan karena belum masuknya musim tanam di beberapa sentra produksi petai seperti di Banten, Cianjur dan Jawa Tengah. Selain itu juga karena tingginya permintaan menjelang Ramadan ikut menjadi penyebab tingginya harga petai," tutup Ngadiran.


(wij/ang)