Melantai di Bursa, Harga Saham Cipaganti di Kisaran Rp 150-220

Jakarta - Salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi terpadu dan persewaan alat berat di Indonesia, PT Cipaganti Citra Graha Tbk (Cipaganti) akan melepas dua miliar lembar saham atau 40% sahamnya ke publik melalui skema Penawaran Umum Perdana Saham pada semester pertama tahun 2013.

Kisaran harga saham yang ditawarkan adalah Rp 150-220 per lembar.


"Cipaganti berencana untuk menawarkan maksimal 40% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dan setiap saham memiliki nilai nominal sebesar Rp 100," kata Direktur Utama Cipaganti Andianto Setiabudi dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (5/6/2013).


Dari harga kisaran yang ditawarkan dana hasil initial public offering (IPO) perseroan mencapai Rp 300-440 miliar. "Sebagian besar akan dipakai untuk investasi dan penambahan armada baru," kata dia.


Perseroan akan menawarkan sahamnya melalui roadshow di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Cipaganti telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Kim Eng securities sebagai penjamin pelaksana emisi efek.


Perseroan menargetkan pernyataan efektif dari Bapepam pada tanggal 27 Juni 2013 dan masa penawaran umum akan dilangsungkan sejak tanggal 1-3 Juli 2013. Saham direncanakan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 9 Juli 2013.


Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham sebesar 93,21% akan digunakan untuk mendanai kegiatan investasi dalam bentuk penambahan unit baru kendaraan dan perangkat pendukung lainnya, peremajaan unit kendaraan, penambahan unit bis pariwisata, pembelian tanah lokasi pool, pembelian tanah lokasi kantor usaha dan renovasi bangunan kantor.


Sementara sebesar 6,79% akan digunakan untuk mendanai kebutuhan modal kerja Perseroan antara lain gaji karyawan, biaya sewa lahan yang akan digunakan untuk pool, pengadaan suku cadang, biaya asuransi dan biaya operasional Perseroan.


Cipaganti sebagai market leader di bidang penyediaan jasa transportasi darat terpadu dan persewaan alat berat, perkembangannya tidak hanya dititikberatkan di pulau Jawa saja.


Saat ini Cipaganti Group berhasil melakukan ekspansi market ke pulau Bali, Sumatera dan Kalimantan. Per 31 Desember 2012, Cipaganti mengoperasikan 1 (satu) kantor pusat, 8 (delapan) kantor cabang dan 50 (lima puluh) kantor usaha yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, yang dilengkapi dengan fasilitas pool serta workshop untuk kegiatan pemeliharaan dan perawatan unit kendaraan dan alat berat .


“Kami sangat bangga dengan kesuksesan Cipaganti yang tidak diraih dari kerja sehari. Kami optimis penawaran umum perdana saham akan sukses,” ujarnya.


(dru/dru)