Kepala SKK Migas Ditangkap KPK, Para Menteri Ekonomi Merapat Ke Istana

Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pagi tadi. Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Keuangan Chatib Basri secara mendadak berangkat ke Istana Negara.

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance, Hatta Rajasa awalnya diagendakan menerima beberapa tamu di kantornya. Namun, sampai jam 11.00 WIB Hatta tak kunjung datang ke kantor.


"Pak Hatta nggak jadi ke kantor, agenda pertemuan dengan beberapa tamu hari ini dibatalkan semua. Pak Hatta ke Istana," ujar staf Humas Kemenko Perekonomian, di kantornya, Rabu (14/8/2013)


Sementara itu hal yang serupa juga terjadi pada Menkeu Chatib Basri. Chatib pagi ini harusnya mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) dengan para Eselon I di kantor Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu. Akan tetapi agenda yang harusnya berlangsung sampai siang hari, terpaksa dibubarkan.


"Tadinya sampai siang. Cuma karena pak Menteri ke Istana jadi rapatnya dipercepat sampai jam 10. Sudah selesai semua, nggak ada lagi rapat," ungkap staf Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu.


Seperti yang diketahui, beberapa hari ini para menteri memang cukup sering dipanggil ke Istana, untuk menyelesaikan pidato Kenegaraan Nota Keuangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, hari ini tampak berbeda, karena pemanggilan terjadi secara mendadak.


Seperti diketahui, Rudi dibekuk KPK di rumah dinasnya Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan. Rudi diduga menerima suap dari perusahaan migas asing Kernel Oil Pte Ltd. Tim penyidik KPK sudah memantau pergerakan Rudi sejak pekan lalu.


(ang/ang)