Gara-gara Mereka, Bepergian Jadi Lebih Mudah

Jakarta - E-commerce itu mempermudah banyak aktivitas. Termasuk ketika kita ingin bepergian karena sekarang tak perlu lagi repot-repot ke agen perjalanan untuk memesan tiket penerbangan maupun akomodasi.

Kini ada konsep yang disebut sebagai online travel agency (OTA). Bisnis ini berkembang karena tiket pesawat, kamar hotel, maupun tur ke destinasi wisata, termasuk satu dari tujuh hal yang paling banyak dibeli orang secara online.


Tak heran kalau pendiri Tokobagus.com pun kepincut untuk terjun ke bisnis ini. Arnold Sebastian Egg membuka situs happyholiday.co.id pada Agustus lalu. Rupanya dia ingin menularkan kesuksesan Tokobagus sebagai marketplace yang terpopuler di Indonesia dilihat dari trafik pengunjungnya.


“Saya adalah seorang yang tertarik dengan dunia e-commerce. Setelah marketplace, next step yang logis dan menarik untuk digarap adalah pasar online travel,” kata pria asal Belanda yang sudah menjadi warga negara Indonesia ini.


Menurut Egg, Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk OTA. “Orang Indonesia suka traveling dan orang luar negeri juga suka travel ke Indonesia. Jadi ini sebuah potensi pasar yang sangat besar. Kami yakin nanti semua aktivitas offline travel akan pindah ke online dan HappyHoliday sudah siap ketika hal itu terjadi” paparnya.


HappyHoliday menyediakan berbagai keperluan untuk bepergian mulai dari paket tur, penyewaan kamar hotel, sampai penyewaan kendaraan. Menurut Egg, saat ini layanan yang paling banyak diminta adalah pemesanan hotel.


“Banyak sekarang yang justru mencari sendiri secara online berbagai hal mulai dari pesan tiket pesawat, hotel, sewa mobil , hingga hunting sendiri tempat tujuan liburan mereka,” tutur Egg, yang sudah belasan tahun tinggal di Indonesia dan beristrikan orang Bali.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!