Masuk Usia ke-69, RI Punya Rupiah Desain Baru NKRI

Jakarta -Pada tanggal 17 Agustus 2014, Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan uang baru bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini merupakan kado ulang tahun untuk Indonesia ke 69 nantinya.

"Iya. Setiap uang yang dikeluarkan setelah tanggal 17 Agustus itu adalah uang NKRI," ungkap Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs kepada detikFinance, di kantor pusat BI, Jakarta, Minggu (24/11/2013)


Sementara pergantian dengan uang yang lama akan dilakukan secara bertahap. Uang yang lama dimungkinkan masih beredar saat itu, tapi perlahan akan ditarik sesuai mekanisme bank sentral.


"Jadi pelan-pelan akan ditarik uang yang lama. Harus bertahap. Sehingga kedepan itu diharapkan sudah pakai uang NKRI," sebutnya.


Saat ini, hingga tanggal 17 Agustus mendatang BI tetap akan mencetak uang seperti biasanya. Diupayakan tidak ada hambatan dalam proses penerbitan uang baru tersebut.


"Sekarang masih akan seperti biasa. BI mencetak uang dan mengedarkan yang biasa yang sekarang," kata Peter.


Sebagai informasi, perusahaan yang ditunjuk mencetak uang baru NKRI adalah Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Peruri sudah menjadi langganan BI dalam hal memenuhi pesanan mencetak uang.


Seperti apa bentuk dan gambaran uang tersebut? Klik di sini.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!