Mega Capital: IHSG Fluktuatif, Menguat Terbatas

Jakarta - IHSG Ditutup All Time High, menguat +0.9% dalam Sepekan. Agresifnya capital inflow pada IHSG sejak awal pekan mendorong penguatan IHSG kembali menyentuh level tertingginya di perdagangan Jumat kemarin pada 4,651 ; dan sepekan naik +0.9%. Di tengah mulai kembali munculnya sentimen negatif dari Eropa serta dari Amerika terkait pemilu di Italia serta wacana kemungkinan rencana pengurangan program QE, bursa Asia dalam sepekan justru mayoritas ditutup menguat kecuali Hangseng yang tertekan -2.8% oleh aksi profit taking khususnya saham-saham sektor properti pasca penguatan cukup tinggi serta terkait kemungkinan kelanjutan program pajak untuk beberapa kota lainnya. Untuk perdagangan Jumat IHSG menguat +0.4% ditopang oleh penguatan saham-saham sektor perbankan +1.39% serta properti +0.87%. Sedangkan sektor yang mencatatkan pelemahan cukup dalam adalah sektor perkebunan -1.0% dan sektor konsumsi -0.62%. Investor asing pada perdagangan jumat kemarin mencatatkan net buy diatas Rp1 triliun.

Komentar The Fed, Data Jerman & HP Result angkat Wall Street. Mayoritas bursa Amerika di akhir pekan mencatatkan penguatan pasca pelemahan dalam dua hari sebelumnya seiring kecemasan perkembangan kondisi eropa serta kebijakan stimulus The Fed yang sebelumnya diperkirakan akan berhenti. Namun, investor menunggu testimoni Bernanke dalam semi annual pada hari Selasa dan Rabu pekan ini sebelum diadakannya kongres meredam kecemasan kondisi tersebut. Secara historis sebelum dilakukannya event tersebut memberikan sinyal positif terhadap pasar sehingga mendorong penguatan Dow jones pada perdagangan kemarin naik +0.86%, Nasdaq +0.97% serta S&P +0.88%. Data tingkat kepercayaan bisnis di Jerman yang meningkat di level tertinggi sejak 10 bulan terakhir menjadi katalis positif juga penguatan bursa Wall Street. Disamping itu, penguatan saham Hawlett-Packard (HP)sebesar 12% setelah merilis kinerjanya diatas estimasi menjadi katalis tambahan penguatan Dow jones. Untuk pekan ini, i nvestor juga akan memperhatikan hasil pemilu di Italia yang berakhir hari ini waktu setempat serta fokus juga pdaa data data ekonomi yang akan dirilis seperti Dallas Fed Mfg, New Home Sales, Durable Goods Orders, GDP, Jobless Claim, Chicago PMI, Penjualan Motor,data konsumer, PMI Mfg Index serta ISM Mfg Index.


IHSG Fluktuatif, Menguat Terbatas (Range : 4,630—4,670). IHSG mampu ditutup menguat pada perdagangan pekan kemarin berada di level 4,651. Hingga saat ini indeks tampak sedang menguji resistance level pada equidistant channel yang mana diperkirakan dapat kembali berlanjut menguat menuju level 4,670. Namun jika indeks berbalik melemah kemungkinan dapat mengalami konsolidasi dan bergerak sideways dengan support level terdekat di 4,630 hingga 4,615. Hari ini diperkirakan indeks kembali bergerak fluktuatif, menguat terbatas.


(dru/dru)