Gunakan Pesawat Raksasa A380, Malaysia Airlines Siap Terbang ke Paris

Jakarta - Maskapai asal Malaysia, Malaysia Airlines sukses mendaratkan pesawat raksasa Airbus A380 di Paris, Prancis pada acara inagurasinya. Malaysia Airlines memulai kembali penerbangan ke Paris setelah sempat menutup rute tersebut.

Ini merupakan penerbangan berkapasitas penuh kedua yang menghubungkan kedua kota tersebut setelah operasi penerbangan pertama dimulai 31 tahun lalu, pada 2 April 1982.


Paris merupakan kota kedua setelah London yang akan dioperasikan menggunakan A380 dalam jaringan maskapai penerbangan nasional.


Kapasitas MAS dalam penerbangan sehari hari dengan rute Kuala Lumpur-Paris akan meningkat hingga 75%, dari yang awalnya 282 kursi yang dioperaiskan B777, menjadi 494 kursi yang dioperasikan superjumbo.


"Ini adalah perkembangan yang signifikan bagi kami di Malaysia Airlines," ungkap MAS group CEO, Ahmad Jauhari Yahya sesaat sebelum keberangkatan, yang dikutip detikFinance dari Asiaone, Minggu (3/3/2013).


"Muatan yang sangat besar merupakan indikasi positif bahwa peningkatan kapasitas hingga 75% jelas-jelas diperlukan," imbuhnya.


Dia pun mengatakan, tren pemesanan tiket untuk kedua rute tersebut pada bulan Maret naik sangat signifikan, yakni sebesar 87% untuk rute Kuala Lumpur-Paris, dan 123% untuk rute Paris-Kuala Lumpur dibandingkan pertumbuhan pada bulan Maret tahun 2012.


(zul/dru)