Kembangkan Program Bina Lingkungan, BRI Alokasikan 2% dari Laba

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengalokasikan dananya hingga Rp 370 miliar untuk mendukung Program Bina Lingkungan. Dana tersebut diambil dari laba bersih BRI yang akan digunakan untuk kegiatan yang membangun kapasitas masyarakat Indonesia seperti untuk pemberian beasiswa.

"Tahun ini 2% dari laba akan dialokasikan khusus Program Bina Lingkungan," ungkap Direktur Bisnis UMKM BRI Djarot Kusumayakti dalam keterangannya, Minggu (3/3/2013).


Secara keseluruhan, Progaram Bina Lingkungan perseroan mencakup enam sektor yang disalurkan melalui BRI Peduli. Enam sektor tersebut antara lain, pendidikan dan pelatihan, kesehatan, sarana prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan terkait bencana alam. Pun partisipasi dalam Program BUMN Peduli.


"Bina Lingkungan kita itu banyak untuk beasiswa. Ada juga studentpreuner, jadi saat lulus mereka tidak jadi pegawai tapi jadi pengusaha," imbuh Djarot.


Dari data perseroan, selama 2012, total kucuran Program Bina Lingkungan mencapai Rp 253,01 miliar, meningkat dibanding Rp 116,17 miliar pada tahun sebelumnya.


Tercatat untuk pendidikan dan pelatihan telah disalurak Rp 37,98 miliar selama tahun 2012. Peningkatan kesehatan Rp 19,04 miliar, saranda dan prasarana umum Rp 11,86 miliar, sarana ibadah Rp8,14 miliar, pelestarian alam Rp 1,19 miliar, bencana alam Rp 850 juta. Sedangkan untuk BUMN Peduli sebanyak Rp 173,95 miliar.


(dru/zul)