Jawaban Agus Marto Soal Calon Menkeu Baru Penggantinya

Jakarta - Agus Martowardojo mengaku masih tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) meskipun harus bersiap menghadapi 'ujian' Gubernur Bank Indonesia (BI) di DPR. Jika dirinya terpilih sebagai BI-1, Agus percaya Presiden SBY akan menunjuk Menkeu baru secara hati-hati.

"Saya belum tahu figur yang akan menggantikan saya tentu yang mengetahui adalah Bapak Presiden. Namun kami sudah mendapatkan penjelasan dari Bapak Presiden bahwa beliau akan memilih dengan sangat hati-hati," kata Agus ketika ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (28/2/2013).


Ia sendiri mengaku tidak khawatir dalam menghadapi uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Agus mengaku siap mengemban tugas tersebut.


"Tidak ada kekhawatiran yang perlu dirasakan karena kami sekarang ini tetap Menteri Keuangan dan akan menjalan tugas dengan sebaiknya sambil mempersiapkan fit and proper test," ujar Agus Marto


Salah satunya, lanjut Agus Marto, dirinya akan tetap mengkaji realisasi APBN 2013 terhadap asumsi yang telah ditetapkan. Jika hingga Juni nanti perbedaannya sudah tidak bisa ditoleransi makaakan diajukan APBN-P 2013.


"Memang ada sejumlah asumsi ekonomi makro yang realisasinya berbeda dibandingkan dengan asumsinya, tapi ini baru 1-2 bulan. Asumsi itu untuk rata-rata satu tahun jadi kami terus mengamati. Kalau diperlukan APBNP, kita akan ajukan, APBN itu akan kita lakukan setelah kita meriveiw biasanya sampai Juni," paparnya.


(nia/dru)