Asia Jadi Benua dengan Jumlah Miliuner Terbanyak di Dunia

Beijing - Asia dinobatkan sebagai benua dengan jumlah miliuner paling banyak di dunia. Di posisi kedua disusul oleh Amerika Utara dan Eropa.

Hal itu terungkap dalam hasil survey yang dilakukan oleh salah satu majalah bertema kekayaan di China bernama Hurun Report, dikutip AFP, Kamis (28/2/2013).


Berdasarkan survey tersebut, ada 1.453 orang yang punya kekayaan lebih dari US$ 1 miliar (Rp 9,5 triliun) di seluruh dunia hingga Januari 2013 lalu.


Miliuner yang berkebangsaan di negara-negara Asia mencapai 608 orang, Amerika Utara 440 dan Eropa 324. Amerika Serikat (AS) dan China mendominasi dengan masing-masing 408 dan 317 miliuner, dibuntuti oleh Rusia, Jerman, dan India.


Saat ini, orang yang dinobatkan sebagai orang paling kaya di dunia adalah Carlos Slim (73) dengan total kekayaan mencapai US$ 66 miliar (Rp 627 triliun) berdasarkan majalah Forbes.


Sedangkan taipan asal AS, Warren Buffett dan Amancio Ortega dari Spanyol, pendiri merek Zara, berada di belakang Slim dengan nilai kekayaan masing-masing US$ 58 miliar (Rp 551 triliun) dan US$ 55 miliar (Rp 522,5 triliun).


Bisnis properti, telekomunkasi, media dan teknologi, serta ritel menjadi sektor yang paling banyak muncul dalam survey orang kaya tersebut.


(ang/dnl)