3 Pabrik Baru Sari Roti Bisa Serap 900 Karyawan

Jakarta - Produsen roti merk Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) menargetkan bisa menggaet 900 karyawan dari pembangunan 3 pabrik barunya di wilayah Jawa dan Kalimatan.

Public Relations Sari Roti Stephen Orlando mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan usaha perseroan dengan menambah pabrik baru untuk memperkuat lini bisnis perusahaan.


"Kita lagi bangun 3 pabrik. Mudah-mudahan semester satu mulai pembangunan dan targetnya sih selesai akhir tahun. Satu pabrik kita biasanya butuh 300 karyawan," kata Stephen usai acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan RUPS Tahunan, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (28/2/13).


Dia menjelaskan, pembangunan pabrik baru tersebut juga dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus bertambah. Saat ini, kata Stephen, Sari Roti masih menguasai pangsa pasar di Indonesia sebesar 90%. Dia berharap, pihaknya akan terus bisa mempertahankan pangsa pasar yang ada.


"Sebanyak 90% pangsa pasar kita secara mass production. Sepuluh persen oleh kompetitor kita di industri perumahan," katanya.


Pihaknya mengaku, aturan pemerintah soal kenaikan upah buruh, tarif listrik, dan gas tidak berpengaruh terhadap kinerja perseroan. Pasalnya, Sari Roti telah menyiapkan manajemen risiko untuk mengantisipasi hal tersebut. Menurutnya, yang berkontribusi terbesar atas beban pokok penjualan adalah bahan baku dan kemasan hingga mencapai 75%.


"Kenaikan-kenaikan itu tidak terlalu berpengaruh. Kita ada manajemen risiko, kita review terus. Pasti aman," tandasnya.


(ang/ang)