Terhantam Krisis, Bank Besar Spanyol Ini Rugi Rp 239 Triliun di 2012

Madrid - Salah satu bank terbesar di Spanyol yaitu Bankia melaporkan kerugian yang sangat besar yaitu 19,2 miliar euro (US$ 25,2 miliar) atau sekitar Rp 239 triliun sepanjang 2012.

Bankia merupakan bank hasil gabungan tujuh bank di Spanyol. Bank sedang rugi besar-besaran setelah Eropa tertimpa krisis utang hebat. Namun jumlah kerugian Bankia masih di bawah perkiraan yaitu 26,8 miliar euro.


Tahun 2012 lalu, Bankia dan induk usahanya yaitu BFA telah meminta bantuan modal dari Uni Eropa. Namun bank sentral Spanyol menyatakan, nilai aset Bankia saat ini negatif, meskipun induk usahanya masih memiliki aset bernilai.


Dikutip dari BBC, Kamis (28/2/2013), Bankia lahir dari hasil merger tujuh bank yang mempunyai bisnis besar di sektor pembiayaan properti Spanyol. Sektor properti di Spanyol hancur sejak lima tahun lalu dan diperparah dengan krisis utang yang terjadi.


Bankia dan induk usahanya mengalami kerugian bersih 21,2 miliar euro sepanjang 2012 lalu. Bank ini memang menderita akibat macetnya kredit-kredit yang disalurkannya ke para pengembang dan konsumen properti sejak munculnya gelembung properti besar-besaran pada akhir 2000.


(dnl/dru)