Megawati Heran Pertamina Bisa Rugi

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tak percaya dengan kenyataan bahwa PT Pertamina (Persero) pernah merugi sebagai perusahaan minyak dan gas (migas) nasional. Ia juga mengkritik saat ini banyak sumur-sumur migas yang lebih banyak digarap oleh perusahaan asing.

"Pertamina kok selalu merugi ya, ini katanya manajemennya yang buruk? Kayaknya orang-orangnya yang nggak benar," cetus Mega dalam acara seminar migas di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (27/2/2013)


Dalam kesempatan itu, Presiden Indonesia ke-5 itu juga mempertanyakan PT Pertamina (Persero) milik siapa. "Saya bilang bohong itu kalau merugi," katanya.


Menurut Mega tidak seharusnya Pertamina merugi, menurutnya Indonesia memiliki kandungan minyak cukup besar. "Bayangkan bilangnya merugi terus, padahal minyaknya ada," katanya.


Dalam konteks saat ini, Pertamina memang mengaku merugi. Kerugian tersebut karena penjualan gas elpiji.


Pertamina mengaku sudah merugi Rp 16 triliun selama 4 tahun karena harga elpiji 12 kg tidak naik. Jika tahun ini harga elpiji 12 kg tidak naik juga, maka Pertamina memperkirakan akan kembali merugi Rp 5 triliun di 2013.


(hen/dnl)