1.200 CEO Bawa Jet Pribadi ke Pertemuan APEC Bali, Ini Aturan dari Menhub

Jakarta - Bali bakal menjadi tuan rumah KTT APEC pada 5-7 Oktober 2013, dan rencananya akan ada 1.200 CEO membawa jet pribadi. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membuat aturan sehingga Bandara Ngurah Rai tidak padat.

Menteri Perhubungan EE. Mangindaan mengatakan, untuk mengurai kepadatan di Bandara Ngurah Rai pihaknya telah membuat skema. Jadi, para delegasi APEC yang hadir membawa pesawat pribadi bisa mendarat di Ngurah Rai, namun setelah itu pesawat akan dialihkan ke bandara alternatif untuk parkir.


Bandara yang disiapkan adalah bandara Surabaya, Lombok, dan Makassar.


"Kita alihkan turunkan penumpang harus tinggalkan segera bandara," ucap Mangindaan di sela peluncuran Boeing 777-300ER Garuda Indonesia di Cengkareng, Selasa (2/7/2013).


Sebelum berlangsung KTT APEC, terminal baru internasional Ngurah Rai sudah siap beroperasi. Mangindaan juga menambahkan, untuk parkir pesawat, PT Angkasa Pura I telah menyiapkan beberapa bandara alternatif yang dekat dengan Bali.


"Karena bandara nggak cukup menampung banyak pesawat. Kita alihkan untuk stand by ke Surabaya, Makassar kemudian diusahakan ke Lombak," terangnya.


(feb/dnl)