Ini Alasan Mentan Suswono Bikin Pembagian 'Balsem' Molor 4 Jam

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono berniat meninjau pembagian Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLSM) atau 'Balsem' di Kantor Pos Layungsari, Bogor Selatan, Jawa Barat. Tapi karena Suswono telat datang, akhirnya pembagian harus molor hingga 4 jam. Apa alasan Suswono bisa datang terlambat?

"Saya tadi ada pertemuan dengan menteri luar negerinya Australia, dan kebetulan juga dipanggil Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono/SBY) untuk mendampingi di Istana," kata Suswono setelah tiba di lokasi pembagian Balsem, Jumat (5/7/2013).


"Karena kebetulan di sini (Bogor), saya tanya ada tidak pembagian BLSM di daerah sini, biar sekalian kita lihat proses pembagiannya," tambahnya.


Selepas waktu solat Jumat sesuai jadwal pembagian, warga sudah berkerumun di depan kantor pos demi mendapatkan Balsem senilai Rp 300.000. Namun, pembagian dana bantuan itu tak kunjung dilakukan.


"Ini ditahan dulu pembagiannya, nunggu Pak Menteri (Mentan Suswono) datang dulu, kalau diteruskan habis ini antrean," ujar salah satu petugas PT Pos Indonesia yang tidak mau namanya disebutkan kepada detikFinance.


Para petugas PT Pos mencoba menenangkan warga yang sudah lama mengantre pembagian Balsem. "Ibu bapak sabar sedikit ya, ini nunggu Pak Menteri datang dulu, sabar ya, nanti masuk TV loh," kata petugas PT Pos.


Siang tadi, Suswono masih berada di Istana Bogor. Ia masih mendampingi Presiden SBY terkait kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd.


Setelah lama menunggu, sang menteri tak kunjung tiba, akhirnya pihak PT Pos mengambil kebijakan memberikan Balsem secara terbatas, sedikit demi sedikit setiap lima menit sekali warga dipanggil agar antrean tak cepat habis.


Harapannya ketikan sang menteri datang nanti, masih ada warga yang mengantre, sehingga Mentan Suswono masih bisa memberikan Balsem secara langsung ke masyarakat.


"Kan informasinya dibagikan setelah jumatan, kan mereka mengalir saja pelayanannya, tidak perlu nunggu saya. Kalau masyarakat ternyata nungguin saya berarti ada miskomunikasi," kata Suswono.


Suswono akhirnya tiba pukul 15.15 WIB, atau telat 4 jam dari acara yang seharusnya dimulai pukul 11.00 WIB. Suswono tiba di kantor pos mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan celana hitam. Tak ada reaksi sambutan khusus warga terhadap kedatangan Suswono. Warga telihat hanya tenang-tenang saja, dan lebih fokus untuk mencairkan dana Balsem.


(ang/hen)