Mau Tahu Berapa Ton Emas yang Diproduksi Antam? Ini Dia Jawabannya

Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mampu memproduksi emas murni sebanyak 3 ton dalam setahun dari 2 pabrik penambangan emas miliknya di Pongkor, Bogor, Jawa Barat dan Cibaliung, Banten.

"Tambang emas Antam ada di Pongkor, Bogor, Jawa Barat sama di Cibaliung, Banten. Kapasitas produksinya 3 ton setahun dari 2 tambang kita," kata Dody Martimbang, Business Unit Head Logam Mulia Antam saat berbincang bersama detikFinance, di Kantor Antam, Pulogadung, Jakarta, Jumat (5/7/2013).


Dia menyebutkan, masing-masing luas pabrik milik Antam sebesar 6.200 hektar untuk tambang emas di Pongkor, Bogor, Jawa Barat, dan seluas sekitar 6.000 hektar di daerah Cibaliung, Banten.


"Saat ini kapasitas produksi terserap 70% dari total kapasitas produksi yang ada," ujarnya.


Menurut Dody, logam mulia atau emas murni milik Antam sudah dijamin kemurniannya karena proses dari hulu ke hilir dilakukan sendiri sehingga tak ada kekhawatiran akan kekurangan bahan baku.


"Kalau bahan baku fleksibel, kita punya tambang sendiri. Kelebihan kita juga dari hulu ke hilirnya ada. Diolah, dimurnikan, dicetak dan dijual sendiri. Aktivitas penambangan dan eksplorasi dari sendiri," ungkapnya.


(dru/dru)