Mentan Suswono: Bawang di Agen Rp 8.000/Kg, Kok di Pedagang Rp 15.000?

Bogor - Saat ini harga bawang putih impor dari China di tingkat agen mencapai Rp 8.000/kg. Tapi pemerintah mempertanyakan kenapa harga di tingkat pedagang eceran mencapai Rp 15.000/kg.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mempertanyakan ini saat melakukan kunjungan ke Pasar Sayuran di Kemang, Bogor, Jumat (5/7/2013). Saat kunjungan tersebut, Suswono mengunjungi salah satu agen bawang putih.


"Harga di sini Rp 8.000 Pak. Di sini kan grosir, kalau di luar bisa Rp 15.000/kg saya nggak tahu Pak," ujar seorang pedagang kepada Suswono.


Melihat kondisi tersebut, Suswono menyatakan, ternyata pedagang mengambil untung besar dari penjualan bawang putih ini.


Selain bawang putih, Suswono kaget dengan harga bawang merah di tingkat agen yang mencapai Rp 35.000-Rp 40.000/kg. Padahal bawang ini berasal dari Brebes.


Suswono mengatakan, memang bawang agak lambat panennya saat ini, makanya pasokan berkurang dan harga naik.

"Karena itu saya minta imortir terdaftar yang sudah dapat izin segera merealisasikan impor sekarang juga. Saya juga minta ke Kemenetrian Perdagangan, jangan hanya imbauan, tapi peringatan keras ke importir sehingga importasi bawang merah segera dilakukan," kata Suswono.


Dia meminta importasi bawang merah segera direalisasikan, agar di Agustus tidak ada bawang merah impor yang masuk saat petani di dalam negeri panen.


(dnl/hen)