Warga Mengeluh Kupon Pasar Murah di Sarinah Thamrin Tak Merata

Jakarta - Hari ini PT Sarinah (Persero) mengadakan pasar murah di lapangan parkir gedungnya di Jalan Thamrin, Jakarta dengan membagikan kupon. Namun warga sekitar mengeluh karena pembagian kuponnya tidak merata.

"Pembagian kuponnya tidak merata, tetangga saya ada yang dapat sampai 5 kupon, tapi ada tetangga saya juga yang tidak dapat sama sekali," ujar salah seorang warga Kebon Sirih kepada detikFinance saat ditemui di Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta, Jumat (5/7/2013).


Menurut ibu rumah tangga ini, hal tersebut juga terjadi pada pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (Balsem). "Ya Balsem juga kayak begini, ada yang dapat, ada yang tidak. Kan kasihan, padahal ada yang benar-benar membutuhkan," keluhnya.


Pasar murah ini merupakan salah satu program pemerintah dalam meredam gejolak harga sebelum bulan puasa pasca kenaikan harga BBM bersubsidi. Sebanyak 18 BUMN diminta Kementerian Perdagangan untuk melakukan pasar murah jelang Ramadan.


"Iya kita diimbau, diminta Kementerian Perdagangan untuk buat pasar murah, ini kerjasama dengan beberapa BUMN," ujar Direktur Utama Sarinah Mira Amahorseya.


Mira mengatakan, pihaknya memberikan 1.800 kupon untuk pembelian paket murah seharga Rp 20 ribu. Kupon ini diberikan untuk warga di sekitar Sarinah, seperti Kampung Bali, Kebon Kacang, Kebon Sirih, dan Gondangdia.


"Jadi harga paket ini Rp 40 ribu lebih tapi dijual Rp 20 ribu. Mekanisme pemberian kupon kita serahkan ke lurah sekitar sini karena dia yang tahu mana warga yang berhak," ujarnya.


Pasar murah di Sarinah ini hanya berlangsung 1 hari pada hari ini hingga pukul 15.00 WIB.


(nia/dnl)