Rp 1 Triliun Digelontorkan Untuk Bangun Jalan Lintas Selatan Jabar

Cianjur - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan mengalokasikan anggaran Rp 1 triliun untuk merawat dan membangun jalan di Lintas Selatan Jawa Barat di tahun ini.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah IV Kementerian PU Bambang Hartadi menuturkan, nantinya alokasi anggaran tersebut digunakan untuk mengoptimalisasi 320 km Jalan Lintas Selatan Jawa Barat.


"Anggaran Rp 1 triliun di tahun 2013 itu untuk sekitar 320 km jalan kecil yang akan ditingkatkan. Ada 22 paket, di antaranya 17 paket pasca kualifikasi di bawah Rp 50 miliar, 5 paket yang lain itu proyeknya di atas Rp 100 miliar," kata Bambang saat ditemui di Jalan Lingkar Timur Cianjur Jawa Barat, Jumat (5/7/2013).


Bambang menegaskan, beberapa pengerjaan proyek jalan Lintas Selatan Jabar ini adalah pengerjaan jalan dari Ciwidey (Bandung) menuju Cipohon.


"Itu betul-betul di Lintas Selatan Jabar. Dari mulai Ciwidey, ke Cidaun satu paket. Cidaun ke Sindang Barang juga. Cidaun ke Cipakuda dan sampai Pangandaran totalnya semua 320 km. Jalan ini sudah ada tetapi sempit dan kita akan perlebar," katanya.


Namun Bambang menuturkan, untuk melebarkan jalan ada sejumlah kendala salah satunya pembebasan lahan.


"Ini khusus lintas selatan dimana pembangunannya sudah berjalan dan tahun ini harus selesai. Salah satunya kita berencana untuk pelebaran tetapi terkendala lahan terutama di Cidaun oleh Perhutani sepanjang 5 km," katanya.


(wij/dnl)