Ini Perbedaan Model Baru Emas Batangan Antam dengan Yang Lama

Jakarta - Hari ini PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mengeluarkan kemasan dan sertifikat baru emas batangan Logam Mulia yang diklaim sulit dipalsukan. Apa yang membedakan kemasan emas batangan baru tersebut?

Business Unit Head Logam Mulia Antam Dody Martimbang mengatakan, secara umum ciri-ciri fisik emas batangan Logam Mulia yang baru tidak jauh berbeda dengan yang lama. Namun, spesifikasi detilnya banyak yang baru.


"Secara umum kelihatannya sama. Tapi sebenarnya banyak perbedaan, yang paling utama sertifikatnya menyatu dengan emas. Kalau dulu kan terpisah," kata Dody saat ditemui detikFinance, di Kantor Antam, Pulogadung, Jakarta, Jumat (5/7/2013).


Dia menjelaskan, pada kemasan emas batangan Logam Mulia baru ini, kertas dan plastik pembungkusnya menggunakan bahan khusus. Selain itu, tinta yang digunakan dalam sertifikatnya tidak menggunakan tinta yang sembarangan. "Kertas dan plastiknya sangat aman, dan tintanya pakai tinta khusus," katanya.


Dody menyebutkan, untuk mengantisipasi pemalsuan, Antam juga menyertakan beberapa kode khusus yang diletakkan di dalam emasnya. Ada juga, hologram khusus watermark yang memang sulit untuk ditiru.


"Ada beberapa kode khusus yang kita taruh di sini (emas) selain juga ada hologram yang watermark ada huruf L. Ini sulit ditiru dan mesinnya sulit," terangnya.


Dia menambahkan, di bagian belakang, ada hologram watermark yang bisa berubah huruf antara L dan M jika digoyangkan ke kiri dan ke kanan.


"Hologram ini kalau digoyang-goyang hurufnya berubah-ubah, nanti bisa L bisa M. Selain itu masih ada security lain tapi hanya kita yang tahu. Ada ciri khusus sangat secret selain ciri-ciri umum yang disebutkan tadi," kata Dody.


Kemasan dan sertifikat baru emas batangan Logam Mulia ini baru akan dijual mulai Agustus 2013 nanti.


(dnl/dnl)