Tahun Ini, Dahlan Iskan Bentuk Induk Usaha Kimia Farma dan Indofarma

Jakarta - Rencana pembentukan induk usaha atau holding untuk BUMN sektor farmasi ditargekan bakal dibentuk tahun ini. BUMN farmasi ini akan membawahi PT Indofarma Tbk (INAF) dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, tahun ini pembentukan holding BUMN farmasi bisa terlaksana, dan semua direksi BUMN farmasi sudah setuju untuk pembentukan holding.


"Tahun ini seharusnya holding farmasi bisa terlaksana, nggak ada hambatan lagi maksud saya, tinggal prosesnya saja terserah," ucap Dahlan ketika ditemui usai menghadiri konferensi pemberdayaan UMKM nasional 2013, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, kamis (4/7/2013).


Seperti diketahui, sebelumnya beberapa direksi BUMN farmasi menolak rencana pembentukan holding BUMN farmasi ini. Bahkan Dahlan sempat mengancam akan memecat direksi yang menolak rencana holding tersebut.


Dahlan menyanggah, pembentukan holding BUMN farmasi in akan menyebabkan salah satu BUMN farmasi menjadi lemah kinerjanya, justru arahnya akan menjadi lebih baik.


"Dulu satu lemah dan kuat diholdingkan dianggap saling memakan. Tapi kalau dua-duanya diholdingkan akan lebih baik. Sekarang-sekarang dua-duanya sudah kuat sehingga tahun ini bisa terlaksana," jelasnya.


(rrd/dnl)