Saingi DKI, Dahlan Iskan Segera Bangun Monorel di Soekarno-Hatta

Jakarta - Tak mau kalah dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang segera membangun transportasi monorel, konsorsium BUMN akan membangun monorel untuk transportasi antar terminal di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, monorel yang dibangun konsorsium BUMN akan menghubungkan antar terminal 1, terminal 2. dan terminal 3 di bandara.


"Pengguna monorel pertama itu Bandara Soekarno-Hatta bukan Jakarta. Itu akan menghubungkan terminal 1, 2 dan 3," ucap Dahlan usai menyaksikan peluncuran armada Boeing 777-300ER di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF), Cengkareng, Banten, Selasa (2/7/2013).


Bahkan Dahlan berani menargetkan, dalam 18 bulan dari sekarang proyek monorel bakal rampung. Sebab mulai dari pembiayaan sampai konstruksi, semua dilakukan oleh BUMN, tanpa dana dari pemerintah. Sementara monorel di DKI rencananya baru dibangun Oktober 2013 dan rampung apda 2016.


"Ini nggak ruwet karena yang kerjakan konsorsium, yang gunakan, dan yang bayar BUMN. Jadi 18 bulan dari sekarang bisa digunakan," sebutnya.


Konsorsium BUMN yang rencananya akan menggarap proyek ini adalah PT Adhi Karya Tbk, PT INka, PT LEN, dan PT Angkasa Pura II selaku operator bandara tersebut.


Sementara saat ditanya perkembangan proyek monorel Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan usulan konsorsium BUMN, Dahlan mengaku masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) penugasan proyek tersebut.


"Itu tergantung yang gunakan. Kalau putusan cepat, itu cepat. Yang pasti persiapan kita nggak sia-sia," tegasnya.


(feb/dnl)