Kepala SKK Migas Ditahan KPK, Jero Wacik: Saya Sangat Kaget

Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik tidak menyangka Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini terlibat suap dengan perusahaan Kernel Oil Pte Ltd. Jero mengaku kaget atas ditahannya Rudi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya sangat kaget. Tidak menyangka," jelas Jero dalam konferensi persnya di Kantor ESDM, Rabu (14/8/2013).


Dijelaskan Jero, Rudi Rubiandini untuk dicopot dari Kepala SKK Migas dan digantikan oleh Wakilnya yakni Johanes Widjonarko sesuai Keputusan Presiden. Ia menambahkan Keputusan Presiden tersebut diterbitkan untuk menjamin industri migas tidak vakum.


"Keputusan Presiden diterbitkan untuk menjamin agar industri migas tetap berjalan normal seperti biasa tidak ada kevakuman," terangnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Rudi Rubiandini ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dinasnya Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan. Rudi juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena dugaan menerima suap dari Kernel Oil Pte Ltd.


Kernel Oil sendiri merupakan makelar atau trader perusahaan-perusahaan minyak. Jero Wacik sendiri mengaku tidak mengetahui detil soal Kernel Oil Pte Ltd.


"Terus terang, saya tidak tahu Kernel Oil," tuturnya.


(dru/ang)