Wamen ESDM: Pemerintah Berikan Subsidi BBM Rp 550 Miliar/Hari

Jakarta -Pemerintah masih mencari cara untuk mengendalikan volume konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Faktanya, setiap hari uang negara yang dihabiskan untuk subsidi BBM capai Rp 550 miliar.

"Pada kenyataannya saat ini, pemerintah memberikan subsidi BBM sampai Rp 200 triliun (per tahun). Itu sama dengan Rp 550 miliar per hari," kata Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Susilo Siswoutomo saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (14/4/2014).


Susilo mengungkapkan, padahal uang sebanyak itu seharusnya bisa dipakai untuk masyarakat yang kurang mampu.


"Tapi memang pada kenyataannya ya semua orang bebas beli BBM subsidi, tidak ada payung hukum yang melarang pemilik kendaraan terutama plat hitam termasuk LCGC, termasuk mobil mewah pakai BBM subsidi," katanya.


Ia menambahkan, pemerintah hanya punya wewenang untuk mengatur kendaraan milik pemerintah, pemda, BUMN dan BUMD serta kendaraan niaga (sawit dan tambang) yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM nomor 1 Tahun 2014.


"Kalau mobil plat hitam atau pribadi, bisa diprotes orang yang pinter-pinter itu, kan pemerintah punya kewajiban sediakan BBM untuk masyarakat, kok kami perlu BBM kok dilarang, makanya tidak bisa," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!