Bambang Brodjo Ingin Penggantinya di Pertamina Juga dari Kemenkeu

Jakarta -Bambang Brodjonegoro telah meninggalkan posisi komisaris di PT Pertamina (Persero). Langkah ini dilakukan karena dirinya ditunjuk menjadi Menteri Keuangan di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bambang menginginkan calon penggantinya harus dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurutnya, banyak hal dari perusahaan pelat merah tersebut yang terkait dengan intansi yang dinaunginya.


"Iya, kita maunya (dari Kemenkeu)," sebut Bambang di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (30/10/2014).


Pertamina, lanjut Bambang, sangat terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Baik di sisi penerimaan atau belanja, Pertamina memainkan peran yang penting.


"Kan harus dijagain. Subsidi begitu besar. Lalu penerimaan ada PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), itu begitu banyak. Jadi Pertamina sangat penting untuk Keuangan," paparnya.


Bambang tidak menyebutkan calon penggantinya karena hal tersebut menjadi kewenangan Kementerian BUMN. "Itu tanya menteri BUMN, masa saya," ujarnya.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!