Siap-siap, Jokowi Akan Hapus Subsidi BBM

Jakarta -Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya semakin serius untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Bahkan kemungkinan harga BBM nantinya tidak akan disubsidi lagi.

Sudirman Said, Menteri ESDM, mengatakan pemerintah berencana melakukan pergeseran subsidi BBM. Menurutnya, subsidi BBM banyak dinikmati oleh orang-orang mampu yang tidak berhak.


"Subsidi yang dinikmati orang kaya akan diberikan ke masyarakat miskin. Ini masih dikaji terus, tapi sekali lagi yang akan kita persiapkan adalah kembalikan subsidi kepada yang berhak. Program pro masyarakat bawah," jelasnya kepada wartawan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (29/10/2014).


Pengalihan subsidi, lanjut Sudirman, dilakukan setelah pemerintah terlebih dulu membagikan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Ini adalah program yang dijanjikan Jokowi saat masa kampanye.


"Kartu sehat dan kartu pintar dijalankan dulu. Baru dilakukan pergeseran subsidi," ujarnya.


Ketika sistem Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar sudah mapan, tambah Sudirman, maka saat itu harga BBM tidak lagi diberi subsidi. "Harga BBM menjadi normal," ucapnya.


(rrd/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!