Sibuknya Menteri Basuki, Kerja dari Gelap Ketemu Gelap

Jakarta -Siapa bilang jadi menteri itu enak? Jam kerja yang nyaris tanpa henti. Kesibukan yang padat dengan berbagai agenda kegiatan mewarnai keseharian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Mochamad Basuki Hadimuljono.

Pengemudi pribadi Basuki yang enggan diungkapkan namanya menerangkan, menteri berkumis putih ini sudah mulai beraktivitas sejak pagi-pagi sekali, saat kebanyakan orang masih terlelap.


Tempat tinggal Basuki adalah di Rawa Semut, Bekasi. Karena itu Basuki harus berangkat lebih awal, agar terhindar dari kemacetan. Maklum, apalagi hari ini beliau harus merapat ke istana untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan sejumlah menteri membahas Pajak dan Subsidi BBM.


"Memang sibuk beliau hari ini. Tadi pagi saya antar beliau untuk rapat kabinet di Istana," sebut pria yang mengaku telah mengemudi untuk Basuki sejak 14 tahun yang lalu ini kepada detikFinance, Kamis (30/10/2014).


Hari ini, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat terbatas. Rapat digelar di kantor presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (30/10/2014), sekitar pukul 10.00 WIB.


Hadir semua menteri bidang ekonomi yang dikomandani oleh Menko Sofyan Djalil. Para menteri lain yang hadir adalah Menkeu Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menaker Hanif Dhakiri, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.


Usai rapat tersebut, Basuki langsung meluncur ke kantornya yang berlokasi di Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


"Tiba di kantor sekitar jam 14.00 WIB. Bapak langsung rapat sepertinya. Soalnya tadi kelihatan ada pejabat kementerian yang keluar masuk ruangan," tutur dia.


Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja 8 jam sehari, bagi seorang menteri seperti Basuki jam kerja seperti tidak ada batasnya.


"Nanti pulang masih malam. Malamnya jam berapa saya kurang tahu. Seselesainya Bapak saja. Kemarin juga kunjungan yang ke Palimanan juga sampai malam. Jadi memang Bapak sibuk sekali," tuturnya.


(dna/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!