Pemerintah Akan Bangun 13 Kawasan Industri di Luar Jawa

Jakarta -Menteri Perindustrian Saleh Husin menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kantor Wakil Presiden. Dalam pertemuan itu, Saleh melaporkan rencana pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

"Ada beberapa kawasan industri yang memang saat ini mulai dikembangkan, terutama di luar Pulau Jawa. Di samping itu, juga mencoba melihat di Pulau Jawa. Namun prioritas di luar Pulau Jawa," kata Saleh usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (30/10/2014).


Menurut Saleh, setidaknya ada 13 titik di luar Pulau Jawa yang akan dikembangkan sebagai pusat Industri. Di antaranya adalah Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Sumatera Utara.


"Arahan dari Bapak Presiden kan ada 10, tapi yang saat ini adalah kita sudah mempersiapkan lebih dari 10. Ada 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa, dan itu yang sementara ini diproses," jelasnya.


Dalam pertemuan itu juga hadir Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Hal ini karena pembangunan daerah industri terkait erat dengan investasi dari pihak swasta.


"Nanti muncul pabrikan-pabrikan yang baru. Sehingga dengan sendirinya dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak," ucap Saleh.


Pengembangan ini akan dilakukan bersinergi degan kementerian-kementerian yang terkait dengan industri yang dikembangkan. Di antaranya Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, maupun Kementerian Kehutanan.


(bil/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!