Ini Landasan Pesawat Pribadi Menteri Susi di Pangandaran

Pangandaran -Bisnis penerbangan Susi Pudjiastuti ternyata tidak hanya terkait pesawat dan helikopter saja. Melalui perusahaan Susi Air, wanita berdarah Sunda ini memiliki landasan pesawat atau runway pribadi yang dikelola oleh perusahaannya.

Lokasi landasan pesawat milik pribadi ini berada di tepi Pantai, Pangandaran Jawa Barat. Panjang landasan sekitar 1.050 meter.


"Bahan landasan dari batu putih yang dipadatkan. Atasnya ditanami rumput," kata Karyawan Susi Air, Oki kepada detikFinance di area landasan pesawat milik Susi Air, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (1/11/2014).


Runway pribadi ini dinamai dengan beach streep. Beach streep ini dibuat pada tahun 2004. Landasan pesawat dengan bahan batu putih yang dipadatkan ini sangat aman untuk didarati pesawat kecuali landasan dalam kondisi basah atau tergenang air.


"Sejauh ini aman. Belum ada kejadian. Tapi runway seperti ini nggak boleh didarati saat ujan dan runway basah. Kalau hujan atau basah, kita tolak," jelasnya.


Pesawat yang bisa mendarat pada landasan khusus milik Susi Air ini ialah pesawat berbadan kecil tipe Pilatus Porter, Dornier 228-202, hingga Grand Cessna Caravan. Saat ini terlihat, sebuah pesawat Dornier yang mampu membawa 19 penumpang parkir diujung runway.


Bahkan tadi siang, helikopter yang membawa rombongan Menko Maritim Indroyono Soesilo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Marsetio mendarat di landasan pacu atau runway milik Susi Air tersebut.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!