Banyak Truk Bekas Impor, Wagub Jatim Minta Rachmat Gobel Bertindak

Surabaya -Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendesak Menteri Perdagangan Rachmat Gobel segera menindak tegas terkait banyaknya truk bekas impor yang masih masuk.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, usai mendapat laporan dari Gabungan Indistri Kendaraan Bermotor Indonesia, yang mengungkapkan saat ini masih ribuan truk bekas diimpor dari berbagai negara.


"Padahal sudah dilarang, tapi praktiknya masih ada ribuan di jalan jalan," katanya usai membuka Pameran Otomotif Surabaya 2014, Rabu (29/10/2014).


Oleh karena itu, ia mendesak kabinet dan pemerintah baru menerapkan peraturan yang lebih tegas. "Kita minta Kementerian Perdagangan dan kementerian baru ini bisa menerapkan peraturan dengan tegas sehingga tidak ada lagi truk bekas atau mobil bekas diimpor lagi. Karena peraturannya tidak boleh lagi sejak 2006," ungkap dia.


Untuk antisipasi, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini akan segera berkoordinasi dengan bupati/walikota dan kepolisian serta Dinas perhubungan di daerah untuk segera melakukan operasi terhadap truk truk bekas impor.


Ia juga mendorong kepada pengusaha transportasi logistik agar segera melakukan peremajaan sekaligus taat mentaati peraturan dengan melakukan uji KIR terhadap angkutannya sesuai jadwal.


"Saya ingin mengajak pengusaha dibidang angkutan logistik untuk meremajakan paling tidak," pungkas dia.


(ze/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!