Ini PR dari Jonan untuk Bos Baru KAI

Jakarta -Edi Sukmoro telah ditunjuk menjadi Direktur Utama PT KAI (Persero). Mantan Direktur Pengelolaan Aset dan Properti ini menggantikan Ignasius Jonan yang diangkat menjadi Menteri Perhubungan di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya mendorong sebagai regulator supaya perkeretaapian menjadi tulang punggung transportasi darat. Ini sesuai arahan Pak Presiden agar perkeretaapian berkembang," kata Jonan kala ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/10/2014).


Jonan menilai tugas Edi ke depan tidaklah ringan. Menurutnya, prioritas KAI ke depan adalah meningkatkan kapasitas angkut penumpang menjadi 2 kali lipat dalam 5 tahun ke depan.


"Utamanya adalah meningkatkan kapasitas. KAI punya program pada 2020 paling lambat kapasitas angkutnya kereta api setahun 600 juta orang. Tahun ini kan 270 juta, jadi naik dua kali lipat dalam 5 tahun," papar Jonan, yang menjabat sebagai Dirut KAI sejak 2009.


Tugas berikutnya, lanjut Jonan, adalah meningkatkan kapasitas angkutan barang. "Tahun ini kira-kira 20 juta ton, ditergetkan dalam 5 tahun naik jadi 60 juta ton," katanya.


Menurut Jonan, Edi adalah sosok yang pas untuk memimpin KAI. Dia menilai Edi punya prestasi yang meyakinkan.


"Prestasinya banyak sekali. Tapi kalau di korporasi itu prestasinya kan prestasi kolektif, jadi beliau dipandang bisa meneruskan ini supaya lebih maju," tuturnya.


(hds/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!