Harga BBM Mau Naik, Sofjan Wanandi: Lebih Cepat Lebih Baik

Jakarta -Kalangan pengusaha mendukung langkah pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan harga BBM subsidi dalam waktu dekat. Bahkan pengusaha ingin kenaikan dilakukan secepatnya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di kantor wakil presiden, Jakarta, Kamis (30/10/2014).


"Saya sampaikan lebih cepat lebih baik. Kalau menunggu-nunggu orang akan berspekulasi macam-macam, sehingga barang sudah kita naikkan juga biar tidak rugi kan?" ujar Sofjan.


Dia mengatakan, pengusaha yang tergabung dalam Apindo mendukung rencana kenaikan harga BBM subsidi ini. Subsidi BBM yang nilainya Rp 1 triliun per hari dinilai sangat tinggi.


Lebih baik, ujar Sofjan, anggaran subsidi BBM ini dialihkan untuk infrastruktur, seperti pembangunan jalan, pelabuhan, dan lainnya.


Infrastruktur yang buruk ini, lanjut Sofjan, membuat ongkos logistik di Indonesia mahal, dan berpengaruh kepada tingginya harga barang.


Belum lagi, subsidi BBM membuat konsumsi tinggi, sehingga kebutuhan BBM harus dipenuhi melalui impor.


Selama ini, impor BBM yang tinggi membuat anggaran perdagangan defisit dan akhirnya rupiah melemah. "Pengusaha juga harus bayar bunga tinggi. Ini makin membuat ketidakpastian. Pemerintah harus perbaiki anggaran, bangun infrastruktur," jelas Sofjan.


(dnl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!