Dalam 2 Tahun, Saham Taksi Express Tumbuh Dua Kali Lipat

Jakarta -Saham operator taksi PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) menanjak hingga dua kali lipat lebih sejak melantai di bursa. Pada penutupan perdagangan kemarin sahamnya ditutup di kisaran Rp 1.130 per lembar.

Operator taksi lain yang sahamnya sudah tumbuh dua kali lipat adalah PT Blue Bird Tbk (BIRD). Bedanya, saham Blue Bird hanya buruh waktu dua bulan untuk naik dua kali lipat, sedangkan Express butuh dua tahun.


Operator taksi putih itu melangsungkan penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) pada 2 November 2012 di harga Rp 560 per lembar.


Analis Daewoo Securities, Taye Shim, mengatakan, emiten sektor transportasi akan mendapatkan keuntungan dari rencana penurunan BBM jenis premium dan solar oleh pemerintah.


"Kinerja perusahaan transportasi berbasis ritel akan meningkat seiring dengan tumbuhnya daya beli konsumen dalam negeri," katanya dalam hasil riset Daewoo, Jumat (16/1/2015).


Pada penutupan perdagangan hari ini saham TAXI ditutup melemah 15 poin (1,33%) ke level Rp 1.115 per lembar. Sahamnya diperdagangkan 169 kali dengan volume 21.260 senilai Rp 2,4 miliar.


(ang/dnl)