Selain Indonesia, Malaysia Juga Punya Produk Jamu

Jakarta -Produk jamu tak hanya dibuat di Indonesia, sebagai produk herbal, jamu juga dibuat oleh negeri jiran seperti Malaysia.

Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui industri jamu di Malaysia tumbuh pesat. Bahkan pertumbuhannya jauh lebih cepat dibandingkan di Indonesia.


"Malaysia lebih terstruktur dan standar mereka sudah ketat, teknologinya juga relatif lebih baik," ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin, Euis Saedah saat ditemui di kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (16/01/2015).


Menurut Euis, mayoritas industri jamu di Malaysia adalah industri besar. Mereka juga punya kelebihan lain yaitu jaringan promosi yang cukup luas. Sehingga jamu buatan Malaysia bisa ditemui dengan mudah di berbagai negara termasuk di dalam negeri.


"Malaysia promosinya bagus," imbuhnya.


Di Indonesia, mayoritas produsen jamu masih dilakukan industri kecil menengah (IKM). Dari total 1.160 industri jamu, 16 adalah industri skala besar dan 1.144 industri kecil. IKM jamu di dalam negeri masih banyak mengalami kendala seperti akses modal dan teknologi yang terbatas.


"Indonesia terbatas pada perusahaan yang besar yang punya standar, teknologi, bahan baku sudah terjamin. Masalahnya IKM ini yang banyak," keluh Euis.Next


(wij/hen)