Pasca Blusukan, Menteri PU akan Rombak Pos Perbatasan Hingga Cor Jalan 34 Km

Entikong -Pembangunan infrastruktur Kawasan perbatasan di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat (Kalbar) dan Serawak Malaysia salah satu yang menjadi perhatian Pemerintahan Presiden Jokowi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah berkonsentrasi memecahkan masalah keterbelakangan pembangunan infrastruktur termasuk jalan antara Pontianak ke Entikong, Sanggau, Kalbar.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyiapkan pembangunan infrastruktur di perbatasan seperti pembangunan jalan hingga perbaikan pos perbatasan, pasca melakukan blusukan ke kawasan ini.


Salah satu perencanaan yang telah matang dan siap dilakukan pekerjaan fisiknya adalah peningkatan kualitas dan kapasitas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong.‎ Rencananya pengerjaan fisik dimulai tahun ini.


Direktur Pengembangan Pemukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Hadi Sucahyono menjelaskan, ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kapasitas infrastruktur perbatasan.


Pekerjaan pertama adalah penataan ulang bangunan-bangunan yang terdapat di PLBN Entikong, Sanggau, Kalbar. Dari mulai area parkir, area pemeriksaan kesehatan hingga Bea Cukai, fasilitas ibadah dan pemukiman petugas perbatasan.


Setelah posisi bangunan-bangunan ini di tata ulang, pekerjaan berikutnya adalah melakukan pengerjaan fisik bangunan dengan desain yang baru.Next


(hen/ang)