Jonan Janji Setoran Non Pajak dari Kemenhub Bisa Sampai Rp 30 T/Tahun

Jakarta -Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor transportasi bisa sampai Rp 30 triliun/tahun. Jumlah ini akan coba dicapai dalam 2-3 tahun ke depan.

"PNBP bisa Rp 20-30 triliun/tahun. Ini bila saya ditugaskan sampai 5 tahun," kata Jonan saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).


Namun, Jonan menyebutkan tahun ini PNBP yang sampai Rp 30 triliun belum bisa tercapai. Pada 2015, target PNBP akan sebesar Rp 10 triliun. Ini pun sudah naik dibandingkan target sebelumnya.


"Awalnya Rp 2,5 triliun target tahun ini. Tapi dengan semangat bisa Rp 10 triliun," sebutnya.


PNBP sampai Rp 30 triliun, lanjut Jonan, nantinya bisa tercapai setelah ada Peraturan Pemerintah (PP) No 6/2015 yang tengah dalam proses di Presiden Joko Widodo (Jokowi). PP tersebut akan menjadi dasar hukum memungut potensi PNBP yang selama ini belum tergali.


"Saya kejar PP ke Menkeu, sekarang ada Setneg untuk ditandatangani presiden. PP No 6/ 2015 menjawab semua tentang PNBP. Ratusan item PNBP nggak dipungut karena PP nggak ada," ungkapnya.


(feb/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com