Ada Bank Tanpa Kantor Cabang, Ini Respons Warga Papua

Jayapura -Warga Jayapura mengaku dapat banyak manfaat setelah adanya program layanan keuangan tanpa kantor cabang atau Laku Pandai. Manfaat yang paling utama adalah dari sisi efisiensi biaya dan waktu.

Salah satunya adalah Amanda Runabari yang sudah menggunakan fasilitas agen BRIlink yang berasal dari PT Bank BRI Tbk (BBRI).


Ibu yang berusia 35 tahun ini tinggal di kawasan Dok 5, Jayapura. Sebelumnya, untuk melakukan transaksi perbankan, seperti transfer dana, Ia harus datang ke kantor cabang BRI di Dok 8.


Lokasinya cukup jauh dengan memakan waktu perjalanan selama 25 menit dari rumahnya. Ada biaya perjalanan yang harus ditempuhnya. Apalagi aktivitas yang dilakoninya dilakukan setiap bulan.


"Saya transfer ke anak setiap bulan. Anak saya kelas 3 SMP di Wamena," ungkapnya kepada wartawan di sela-sela acara peluncuran Laku Pandai, di Jayapura, Jumat (27/3/2015)


Aktivitas lainnya yang Ia lakukan adalah pembayaran tagihan listrik. Lokasi yang harus ditempuh pun juga sama jauhnya. Seakan menjadi masalah rutin bagi Amanda.


"Bayar listrik juga sama," ujarnya.


Sekarang, tetangga Amanda merupakan agen dari BRIlink. Hanya perlu berjalan kaki ke rumah agen, Ia bisa melakukan rutinitas yang sebelumnya sangat menyulitkan.


"Lebih mudah sekarang kan dari pada ke kantor cabang. Hemat di ongkos," terang Amanda.


Selain itu, beberapa aktivitas lain juga bis‎a dijalankan. Misalnya, pembukaan tabungan murah tanpa biaya administrasi dan permohonan pinjaman mikro sebagai referral, pembelian pulsa dan lainnya.


(mkl/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com